Racci, Kuliner Unik Khas Pulau Sembilan Kab. Sinjai

Mataikan - Racci juga dikenal nama lawa’. Kata laha’ hanya ada di Sinjai. Jadi makanan ini akan bisa kita temukan di daerah lain tapi mungkin dengan nama yang berbeda seperti lawa’ bale (ikan) atau lawa’ mairo. Namun laha’ racci hanya ada di Pulau Sembilan.

Racci merupakan menu tradisional yang begitu populer di Pulau Sembilan, Kab. Sinjai. Kabupaten Sinjai dikenal sebagai daerah tiga dimensi karena daerah ini memiliki areal dataran tinggi, dataran rendah dan kawasan perairan. Daerahnya kaya akan potensi alam, hanya saja belum terpublikasi maksimal. 

Sebagai daerah yang memiliki wilayah perairan, Sinjai sangatlah kaya akan potensi hasil laut, rasanya tidak sulit untuk menikmati sajian khas kuliner sari laut. Yang terkenal selama ini akan kuliner khas Sinjai adalah aneka ikan bakar beserta cumi dan udangnya. Namun masih ada cita rasa kuliner khas yang unik dan rasanya juara.

Selain pemandangan alam yang memesona dan eksotis, Pulau Sembilan juga menyimpan ragam kuliner khas yang tidak ditemukan di tempat lain.

Adalah racci atau lebih dikenal dengan kerang laut. Kerang laut yang isi atau dagingnya merupakan bahan baku racci dan mempunyai nilai gizi yang tinggi. Racci ini merupakan makanan khas warga pulau sembilan. 

Kerang laut tersebut diolah menjadi laha’ racci. Laha racci memiliki cita rasa pedas dan kecut. Dijamin mampu menggoyang lidah para penikmatnya.

Namun Kerang tak selalu ada di laut, mereka memiliki Musim dan saat ini populasinya kian menipis dan berkurang. Sementara laut memerlukannya, manusia pun menyukai dagingnya. Paling tidak mulai sekarang harus berfikir bagaimana menjaga keseimbangannya.


Next Post Previous Post
Related Post
Kuliner,perikanan