Melindungi Ikan Hiu dan Pari Untuk Menjaga Kesehatan Laut


Mataikan - Keberadaan ikan Hiu dan Pari merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan laut, Secara global, berkurangnya populasi akibat gangguan dari manusia dan beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan mereka punah dengan begitu kita mesti bekerja sama untuk melindunginya.

Menurut para ilmuwan, manusia menjadi penyebab merosotnya populasi. Jika tidak ada perubahan oleh manusia, maka akan berakibat kepunahan.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Nature menghitung populasi hiu dan pari dari  tahun 1970 hingga 2018. Hasilnya, ditemukan penurunan 71,1 persen dan berdampak tiga spesies terancam punah.

Para ilmuwan berharap, penelitian ini berfungsi sebagai "panggilan untuk bangun" bagi manusia dinilai menjadi penyebab punahnya populasi ikan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan menegaskan bahwa "Pemerintah Indonesia sangat serius menangani keberadaan hiu dan pari melalui sejumlah kebijakan termasuk pengembangan kawasan konservasi, perlindungan jenis ikan hiu dan pari tertentu yang terancam punah dan pengaturan pemanfaatan melalui kuota,” tegas Tb Haeru.

Di lanjutkan dengan, CEO Yayasan WWF Indonesia, Dicky P. Simorangkir mengatakan tantangan terberat dalam konservasi jenis ini adalah data yang sulit diperoleh, sementara data tersebut sangat penting untuk menyusun rencana aksi konservasi yang efektif. 

"Laut kita sangat luas, kita perlu kolaborasi dari semua pihak, mulai dari nelayan, 
petugas penyuluh perikanan, mahasiswa, sampai pengelola wisata selama bersama hiu," ujar Dicky.

Bekerjasama dan mengumpulkan berbagai elemen yang terkait dalam melaksankan konsevasi yang efektif untuk imelindungi ikan hiu dan pari. dengan itu KKP telah memasukan hiu dan pari ke dalam 20 jenis ikan yang menjadi target konservasi nasional pada tahun 2020-2024.

Next Post Previous Post
Related Post
Berita,Jenis Ikan,perikanan