Jenis Ikan Koi Termahal yang Banyak Diburu Kolektor Ikan

 

Mataikan - Jenis Ikan Koi ada berbagai macam dan menjadi ikan idaman sejak dulu oleh para kolektor ikan di Indonesia. Ikan hias air tawar ini memiliki fisik yang nyaris sempurna.

Berasal dari Jepang, pada awalnya ternyata ikan koi ini sering dijadikan untuk konsumsi. Akan tetapi karena memiliki bentuk fisik yang sangat indah dan corak pada badannya yang unik. Maka binatang ini kemudian dijadikan peliharaan untuk menambah nilai estetik pada rumah.

Jenis Ikan Koi Terfavorit

Ada banyak sekali jenis ikan ini dan untuk dapat membedakannya memang cukup sulit. Dengan corak yang cukup banyak sehingga menambah kesulitan untuk dapat membedakannya. Ada beberapa jenis koi yang menjadi favorit para kolektor ikan.

Goromo

Ada tiga sub jenis dari ikan koi Goromo ini yang hingga kini diketahaui sebagai Budo Goromo, Ai Goromo dan Sumi Goromo. Budo Goromo memiliki corak tepi biru di luar skala yang memberikan efek cluster seperti anggur.

Ai Goromo memiliki warna tepian biru hanya pada bagian dalam sisik merah. Sementara Sumi Goromo memiliki warna tepi hitam pada sisik yang membuat pola dari ikan ini nampak hampir sepenuhnya hitam. Harga dari Goromo sendiri mulai dari Rp 1,8 juta.

Ogon

Memiliki warna kuning keemasan, menjadi salah satu jenis koi yang disukai oleh kolektor ikan. Koi Ogon merupakan hasil persilangan antara koi jenis Shiro-Fuji dengan koi berpunggung kuning.

Pada awal persilangan belum menghasilkan warna emas pada seluruh tubuh. Namun ketika 6 kali generasi dari persilangan tersebut jadilah warna emas yang eksotis. Harga ikan ini cukup mahal sekitar Rp 1,5 juta, dan masih di bawah harga koi Goromo.

Kinginrin

Ikan koi ini memiliki tubuh hampir sama dengan ikan mas. Dengan warna kuning yang tidak menampakkan berbagai macam ikan koi yang berbeda. Warna yang dihasilkan merupakan warna hasil persilangan. Ikan ini dibandrol dengan harga cukup mahal, dengan kisaran Rp 900 ribu per ekornya.

Goshiki

Merupakan salah satu jenis ikan koi yang sama dengan jenis Sanke. Sama sama memiliki topi merah diatasnya dengan dasar warna abu-abu. Hanya saja jika Sanke berwarna dasar putih.

Siripnya berwarna putih dengan bagian pada punggungnya memiliki garis pendek warna putih susu. Harga ikan ini dibanderol mulai Rp 700 ribu per ekornya.

Untuk anda yang ingin memelihara ikan koi, sebenarnya tidak sulit. Hanya saja anda sedikit lebih perlu memperhatikan lingkungan ikan tersebut, serta asupan makanannya. 

Next Post Previous Post
Related Post
Jenis Ikan,perikanan