Mengenal Ikan Manfish (Pterophyllum scalare), Bidadarinya Air Tawar

Mengenal Ikan Manfish  (Pterophyllum scalare), Bidadarinya Air Tawar

Mataikan - Ikan Manfish atau biasa juga di sebut Angelfish salah satu jenis ikan air tawar yang bentuk dan tampilannya seperti malaikat di dalam aquarium, Gerakan yang tenang saat berenang enak saat di pandang.

Sebenarnya ikan manfish memiliki habitat asli di perairan Amazon, Columbia, dan Peru. Namun ikan ini juga bisa dibudidayakan di negara lain seperti Indonesia. Budidaya ikan angelfish sudah dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Bahkan sudah banyak juga orang Indonesia yang sukses membudidayakan jenis ikan ini, salah satunya masyarakat di Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Morfologi Ikan Manfish

Bentuk tubuh ikan manfish tri colour pipih seperti anak 5 busur panah, sirip punggung dan perutnya membentang lebar dan memanjang ke arah ekor sehingga nampak seperti ujung busur panah yang lancip.

Panjang tubuh ikan manfish maksimal adalah 15 cm, dengan iris mata yang berwarna kuning, warna dasar tubuhnya silver dan corak hitam, terdapat 3-4 garis vertikal berwarna hitam pada sirip dan tubuhnya. Pada bagian kepalanya terdapat warna kuning yang cukup menarik, selain itu tri colour memiliki kelebihan toleransi terhadap kondisi lingkungan yang baik dibanding dengan beberapa strain yang lain.

Ikan manfish disebut angle fish (ikan bidadari), karena bentuk dan warnanya menarik serta gerakannya yang tenang.

Lingkungan Hidup 

Ikan manfish hidup pada lingkungan perairan yang banyak ditumbuhi tanaman air. Karakteristiknya perairan yang tenang dan berarus mereka hidup bergerombol. Hal inilah bila ditempatkan dalam akuarium, manfish termasuk ikan yang minim pergerakkannya . 

Pada awalnya ikan hias liar banyak yang hidup dan tersebar di berbagai perairan tawar, misalnya di sungai – sungai, rawa-rawa atau di danau-danau, karena dengan perkembangan peradapan manusia 6 yang membuahkan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka ikan – ikan yang awalnya hidup diperairan bebas banyak dibudidayakan

Makanan Ikan Manfish

Pakan yang diberikan pada ikan manfish berupa cacing Tubifex atau pakan alami lainnya seperti artemia sampai benih berumur ± 2 bulan, stelah berusia diatas 2 bulan ikan mulai diberikan pakan pellet ukuran kecil sedikit demi sedikit sampai kebiasaan makanya berubah sebagian.

Variasi pemberian pakan sangat baik untuk pertumbuhan ikan manfish, walaupun pakan pellet menjadi suatu pakan utama yang diberikan pada ikan manfish ketika ikan sudah memasuki stadia pendederan dan pembesaran, pakan pellet dengan konsentrasi protein tinggi akan membuat pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat dan baik. 

Variasi pakan berupa artmeia salina diberikan pada ikan manfish, yang bertujuan agar ikan memiliki variasi pakan dan mempercerah tubuh ikan itu sendiri.

Jenis Ikan Manfish 

1. Blue Zebra Angelfish

2. Angel Fish Platinum

3. Half Black Angelfish

Next Post Previous Post
Related Post
Ikan Hias