Jenis Ikan Manfish Angelfish Platinum

 

Jenis Ikan Manfish Angelfish Platinum

Mataikan - Angelfish Platinum juga merupakan jenis ikan Manfish yang berasal dari dari golden angelfish liar yang keduanya mengandung gen resesif tertentu. Pembiakan jenis Ikan Manfish ini sangat cantik dan peternak ikan tidak mau melewatkannya dengan mencari indukan yang cocok untuk di kembang biakkan secara massal.

Ikan Manfish Paltinum memiliki  warna yang berkilau dan semakin cemerlang dengan sentuhan warna biru dan hijau pada siripnya. Spesienya kini banyak di budidayakan dan di perjual belikan untuk orang yang hobi dengan ikan hias.

Manfish platinum dewasa lebih banyak dibiakkan di Amerika Serikat dan sebagian Asia Selatan alih-alih ditangkap dari alam. Mereka telah lama dicari oleh para pecinta manfish/angelfish karena warna cemerlangnya dan siripnya yang mengalir panjang. Sirip panjang mereka berarti mereka tidak boleh dipelihara dengan spesies ikan yang suka menggigit atau merobek sirip mereka.

Dalam akuarium berukuran kecil atau sedang, manfish platinum paling baik dicampur sebagai pasangan/sejodoh, sedangkan dalam akuarium yang lebih besar mereka dapat dipelihara dalam kelompok yang terdiri atas 6 ekor atau lebih. Jika dipelihara dalam jumlah sedikit, manfish cenderung agresif dan teritorial.

Manfish platinum cocok hidup di akuarium bervolume 100 liter atau lebih dan memiliki banyak tanaman dan/atau kayu apung. Sebagai kelompok air tawar, manfish bersifat teritorial dan akan berselisih satu sama lain hingga pejantan dominan terbentuk. Mereka dapat dipelihara secara tunggal/sendirian, berpasangan, atau dalam kelompok berukuran menengah sekitar enam ekor atau lebih.

Berlawanan dengan kepercayaan umum, spesies bersirip panjang seperti manfish platinum sebenarnya dapat dicampur dengan ikan barb (misalnya Ikan Sumatra) dan spesies penggigit sirip lainnya. Kuncinya di sini adalah ikan-ikan penggigit sirip itu harus dipelihara dalam kawanan yang jumlahnya tepat, sehingga mereka akan saling mengejar satu sama lain bukannya menggigiti sirip manfish atau spesies lain yang tidak tahan dengan jenis perilaku ini.

Ikan Sumatra dan penggigit sirip lainnya lebih suka dipelihara dalam kelompok dan saling menggigit satu sama lain adalah perilaku normal yang tidak akan menyakiti mereka sama sekali; namun perilaku ini terlalu ‘riuh’ untuk banyak spesies ikan lain dan bisa merusak spesies ikan bersirip panjang.

Manfish secara umum membutuhkan parameter air yang cukup konstan dan kurang toleran terhadap fluktuasi pH atau suhu air dibanding banyak spesies ikan air tawar lainnya. Seperti kebanyakan spesies cichlid Amerika Selatan, manfish platinum lebih suka air lunak, sedikit asam, dengan suhu yang tetap antara 26 sampai 28 derajat Celsius.

Manfish platinum adalah ikan omnivora dan harus diberi makan berbagai macam makanan termasuk makanan berbasis daging dan sayuran. Mereka memiliki selera khusus terhadap cacing darah, cacing tubifex, dan jenis makanan serupa, tetapi akan dengan mudah mengonsumsi pakan serpih, pelet, dan makanan beku. Mereka harus diberi makan sekitar dua kali sehari dengan jumlah makanan yang bisa mereka habiskan dalam 5 menit.

Ketika ditempatkan di akuarium dengan banyak spesies ikan yang berenang lebih cepat, Anda mungkin perlu menambah jatah makannya sampai 3 kali sehari untuk memastikan manfish dapat makan dengan benar.

Manfish platinum dewasa akan memangsa spesies ikan kecil seperti neon tetra kecil, danio, atau hampir semua spesies kecil yang bisa masuk ke dalam mulut mereka. Mereka umumnya menunggu sampai lampu akuarium mati (sebagai penanda malam) dan berburu ikan kecil saat mereka tidur, yang membuat mereka mudah dimangsa. Karena mereka bisa tumbuh menjadi ikan yang cukup besar, manfish platinum dewasa mampu memakan ikan kecil sepanjang 2,5 cm.

Link will be apear in 3 seconds.

Mataikan Segala Informasi Perikanan

0 Response to "Jenis Ikan Manfish Angelfish Platinum"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel