Jenis Ikan Manfish Blue Zebra Angelfish

Blue Zebra Angelfish

Mataikan - Blue Zebra Angel Fish (Pterophyllum scalare) adalah hasil perkembang biakan selekif di dalam akuarium, ciri Umum Angel fish Memiliki empat hingga enam garis vertical, jenis ikan ini sangat langka dan jarang di temui di penjual ikan hias. Dengan demikian orang biasanya membeli dari online shop.

Seperti semua Angelfish, Zebra Biru lebih menyukai perairan beriklim hangat yang mirip dengan cekungan Amazon asli mereka di Amerika Selatan, di mana mereka ditemukan di saluran air yang tenang dan dataran banjir. Di alam, Malaikat ini ditemukan tinggal di daerah dengan banyak vegetasi lebat dan akar pohon, yang mereka gunakan untuk perlindungan terhadap spesies ikan yang lebih besar dan sebagai tempat untuk berburu larva serangga dan bahan makanan lainnya.

Blue Zebra Angelfish akan tumbuh dengan baik di akuarium yang berukuran setidaknya 30 galon atau lebih besar dan memiliki banyak tanaman dan/atau kayu apung. Sebagai kelompok, Angelfish air tawar bersifat teritorial dan akan bertengkar satu sama lain sampai jantan yang dominan terbentuk. Mereka dapat disimpan secara tunggal, berpasangan atau dalam kelompok berukuran sedang yang terdiri dari 6 orang atau lebih. Ketika disimpan dalam kelompok mereka akan membutuhkan akuarium yang jauh lebih besar dari akuarium 30 galon yang akan sesuai untuk satu spesimen atau pasangan, kelompok yang lebih kecil akan melakukannya dengan baik dalam 75 galon dan kelompok yang lebih besar (lebih dari 6) akan membutuhkan 125 galon atau tangki yang lebih besar.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, spesies bersirip panjang seperti Angelfish dapat dipelihara dengan duri dan spesies "penggigit sirip" lainnya. Kuncinya di sini adalah bahwa spesies yang menggigit sirip disimpan dalam kelompok ukuran yang tepat, sehingga mereka saling menggigit alih-alih menggigit Angelfish atau spesies lain yang tidak dilengkapi untuk jenis perilaku ini.

Angelfish pada umumnya membutuhkan parameter air yang cukup konstan dan kurang memaafkan daripada banyak spesies komunitas air tawar lainnya terhadap fluktuasi pH atau suhu. Seperti kebanyakan spesies cichlid Amerika Selatan, Blue Zebra Angelfish lebih menyukai air yang lembut dan sedikit asam dengan suhu antara 79 dan 83 derajat. Namun, spesimen hasil peternakan yang umumnya dijual di toko akuarium lebih toleran terhadap rentang parameter air yang lebih luas daripada sepupu mereka yang ditangkap secara liar.

Angelfish adalah omnivora dan harus diberi makan berbagai makanan termasuk makanan berbasis daging dan sayuran. Mereka sangat menyukai cacing darah, cacing hitam, cacing tubifex, dan makanan serupa, tetapi mereka akan dengan mudah mengonsumsi makanan serpihan, pelet, dan makanan beku. Mereka harus diberi makan sekitar dua kali sehari jumlah makanan yang akan mereka konsumsi dalam waktu 5 menit. Ketika ditempatkan di akuarium dengan banyak spesies ikan yang berenang lebih cepat, mungkin perlu untuk meningkatkan pemberian makan hingga 3 kali per hari untuk memastikan bahwa Malaikat diberi makan dengan benar. Ini jarang menjadi masalah dengan angelfish dewasa karena mereka umumnya akan memberi makan dengan sangat agresif dan jarang diintimidasi oleh spesies ikan komunitas lainnya.

Angelfish dewasa akan memangsa spesies ikan kecil seperti Neon Tetras kecil, Nyamuk Danios atau hampir semua spesies kecil yang akan masuk ke dalam mulut mereka. Mereka biasanya menunggu sampai lampu akuarium mati pada malam hari dan berburu ikan kecil saat mereka tidur, yang membuat mereka menjadi mangsa yang mudah. Karena mereka tumbuh menjadi ikan yang cukup besar, Blue Zebra Angels dewasa mampu memakan ikan kecil hingga 1 inci panjangnya.

Angelfish membentuk pasangan monogami. Mereka bertelur di permukaan vertikal yang halus seperti sepotong kayu, daun datar, batu halus, batu tulis, atau bahkan kaca akuarium. Peternak sering menyediakan tempat pemijahan buatan seperti sepotong batu tulis, kerucut keramik, atau sepotong pipa plastik vertikal agar lebih mudah memfasilitasi mengeluarkan telur dari tangki pembiakan jika diperlukan.

Namun, seperti kebanyakan cichlids, Angelfish melakukan perawatan induk di mana orang tua akan merawat telur, dan ketika mereka menetas, orang tua akan menggantung benih di permukaan vertikal sampai mereka berenang bebas. Sexing angelfish sulit bahkan untuk peternak angelfish berpengalaman biasanya dapat membedakan laki-laki dari perempuan secara visual, itu tidak mudah. Hanya selama pemijahan Anda dapat membedakan jantan dari betina karena betina memiliki tabung pembiakan yang tebal dan tumpul, dan jantan memiliki tabung pembiakan yang tipis dan lebih runcing.


Next Post Previous Post
Related Post
Ikan Hias