Mengenal Ikan Peacock Bass, Ikan Hias Predator Yang Memiliki Banyak Jenis

Mengenal Ikan Peacock Bass, Ikan Hias Predator Yang Memiliki Banyak Jenis

Mataikan - Jika kalian adalah pecinta ikan hias, ikan Peacok Bass merupakan salah satu pilihan untuk menambah koleksimu, ikan ini meruapakan salah satu ikan hias predator yang berasal dari perairan di benua Amerika.


Selain warnanya yang cantik, ikan ini juga memiliki daya Tarik tersendiri Ketika dia makan. Ada banyak jenis jenis Peacok Bass ini, yang paling umum ditemui ialah Cichla monoculus,Cichla Occelaris dan Orinoco. Yang lainnya seperti Cichla Temensis, Azul dan Xingu juga menjadi buruan para penyuka ikan predator untuk dijadikan koleksi.


Seperti halnya ikan predator pada umumnya. Ikan peacock bass sangat agresif saat makan. Bahkan ikan ini bisa melompat dan memburu mangsanya. Ikan peacock bass merupakan salah satu jenis ikan hias air payau. Di alam liar, ikan ini banyak ditemukan di muara sungai, hutan bakau, dan tepi pantai.

Hal ini membuat banyak pengusaha membudidayakan ikan ini agar para  pecinta ikan hias tak perlu lagi jauh – jauh mencari karna ada banyak penjual di sekitar anda. 

Cara Memelihara Ikan Peacock Bass

Sebelum kalian memutuskan untuk memelihara Peacock Bass, kalian perlu mempertimbangkan media atau tempat yang akan kalian gunakan. Karena ikan ini tergolong besar, bahkan di usia dewasa panjangnya bisa mencapai 60-70cm kalian perlu memilih media yang besar.

Jadi, kalian bisa menggunakan aquarium besar ataupun kolam permanen. Selain itu, kalian juga perlu mempertimbangkan kharakteristik dan sifat dari ikan ini. Mulai dari cara dia makan, porsi makan, hingga cara berteman dengan ikan lain.

Berhubung ikan ini juga memiliki hobi makan alias doyan. Kalian juga harus mempersiapkan sistem filtrasi yang baik untuk mengatasi sisa-sisa makanan dan kotorannya lho. Jika kalian memilih aquarium sebagai media dari ikan ini, ukuran yang ideal adalah minimal dengan panjang 2 meter dan lebar setengah meter Aqua Friends.

Dari segi makanan, favorit ikan Peacock Bass adalah hewan-hewan kecil di air. Seperti halnya ikan kecil, cacing, dan juga serangga. Secara spesfik kalian bisa memberikan cacing darah ataupun jangkrik untuk pakan hariannya Aqua Friends. Nha, makanan-makanan tersebut sangat bagus karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Selain makanan alami seperti yang sudah disebut di atas, ada juga pakan komersial berupa pellet Aqua Friends. Kalian bisa mendapatkannya di berbagai toko ikan, sangat mudah dicari kok.

Ada 16 jenis ikan Peacock Bass alias Pbass:

  1. MonoculusPeacock Bass (Cichla Monoculus)
  2. OscelarisPeacock Bass (Cichla Oscelaris)
  3. OrinocoPeacock Bass (Cichla Orinocensis)
  4. TemensisPeacock Bass (Cichla Temensis)
  5. Kelberi Peacock Bass (Cichla kelberi)
  6. Azul Peacock Bass (Cichla piquiti)
  7. Royal Peacock Bass (Cichla intermedia)
  8. Xingu peacock Bass (Cichla melaniae)
  9. Cichla jariina
  10. Pinima Peacok Bass (Cichla pinima)
  11. Cichla pleiozona
  12. Tapajo Peacock Bass (Cichla mirianae)
  13. Cichla nigromaculata
  14. Cichla thyrorus
  15. Cichla vazzoleri
  16. Cichla cataractae - Spesies Baru

Cichla Monoculus

merupakan ikan jenis cichla yang paling banyak terdapat di pasaran. Ukuran maksimal ikan ini ialah sekitar 45cm. Harga ikan cichla monoculus ini termasuk yang paling murah di kelas ikan hias cichla atau pbass. Cichla monoculus ini memiliki marking atau tanda hitam di dahinya.

Habitat asli ikan predator ganas ini banyak tersebar di sepanjang sungai Amazon. Ikan pibas ini bisa tumbuh hingga berat mencapai 5 kg.

Peacock Bass Monoculus Dewasa
Peacock Bass Monoculus Dewasa


Cichla Monoculus saat masih kecil

Oscelaris Peacock Bass (Cichla Oscelaris)

Cichla ocellaris adalah endemik atau habitat aslinya hanya ada di Drainase Guyana, Suriname, dan French Guyana Amerika Selatan.

Cichla Oscelaris saat masih kecil

Peacock Bass Oscelaris Dewasa

Orinoco Peacock Bass (Cichla Orinocensis)

Jenis ikan predator Cichla orinocensis ini berhabitat asli di hilir sungai Orinoco dan Rio Negro di benua Amerika. Ukuran dewasa Orinoco Peacock Bass bisa mencapai 50cm.

Sekilas ikan pibas Orinoco ini mirip dengan Cichla Oscelaris perbedaannya adalah pada pibas orinoco tidak ada marking tubuh kearah pipi. Ikan ini bisa mencapai berat hingga 6 kg.

Cichla Orinoco saat masih kecil

Peacock Bass Orinoco Dewasa

Temensis Peacock Bass (Cichla Temensis)

Jenis ikan cichla Temensis ini merupakan yang terbesar diantara jenis cichla. Di alam liar ukuran Cichla temensis ini bahkan bisa mencapai sekitar 1 meter dengan berat sekitar 14 kg. Cichla Temensis ini adalah yang memiliki body yang paling panjang, dengan perbandingan lebar badan umumnya sekitar 25% dari panjang badan (diukur dari kepala ke pangkal ekor).

Peacock Bass Temensis Dewasa


Cichla temensis ini merupakan ikan pibas terbesar, paling kuat, dan paling agresif dari semua jenis ikan pibas yang ada. Di alam liar ikan ini dikenal sangat agresif dalam mengejar mangsa, bahkan secara agresif menyerang hingga di permukaan sungai.

Peacock Temensis saat masih kecil


Cichla temensis ditemukan Di sungai Orinoco Amazon .dan hampir semua kawasan sungai blackwater amazon. Blackwater ini adalah jenis sungai dengan arus kecil yang mengalir melalui rawa hutan atau lahan basah

Variasi Warna pada ikan Temensis Peacok Bass

Kelberi Peacock Bass (Cichla kelberi)

Peacock Bass Kelbery Dewasa

 Peacok Bass Kelbery (cichla kelberi) saat masih kecil

Azul Peacock Bass (Cichla piquiti)

Cichla piquity atau sering disebut "Azul" ini hanya terdapat di sungai dan anak sungai Tocatins dan Sungai Araguaia di benua Amerika.

Pbass Azul saat masih kecil

Peacock Bass Azul Dewasa

Royal Peacock Bass (Cichla intermedia)

Ikan Cichla Intermedia ini bisa tumbuh hingga mencapai sekitar 45 cm. Ciri dari Royal Peacock Bass ini ialah hingga 8 garis hitam di sepanjang tubuh. Dengan marking gelap yang panjang di tengah tubuhnya.

Intermedia Cichla hanya terdapat di sungai Orinoco, tepatnya sungai Rio Negro dan anak sungainya.

Cichla intermedia

Xingu peacock Bass (Cichla melaniae)

Ikan yang sering disebut Xingu ini endemik atau hanya terdapat di hulu sungai Rio Xingu cachoiera dekat Belo Monte hingga anak sungai hulu Sungai Frisco yang berada wilayah drainase sungai rio Xingu.

Peacok Bass Xingu Dewasa

Cichla jariina

Cichla jariina

Pinima Peacok Bass (Cichla pinima)

Cichla pinima umumnya di jumpai hilir sungai Amazon, tapi paling sering ditemukan di kawasan anak sungai berair air jernih, termasuk sungai Tapajós, Xingu, Tocantins, Trombetas, Curuá-Una, Araguarí di Amapá.

Cichla pinima

Cichla pleiozona

Cichla pleiozona ini endemik atau hanya ditemukan di Sungai Madeira bagian ata pada anak sungai cachoeiras dekat Porto Velho, Brasil

Cichla peiozona

Tapajo Peacock Bass (Cichla mirianae)

Cichla mirianae endemik di Sungai (Tapajos) dan anak sungainya, Sungai Xingu dan anak sungainya

Cichla nigromaculata

Cichla thyrorus

Cichla thyrorus


Cichla vazzoleri

Cichla vazzoleri

Habitat asli Cichla tersebar di Sungai Trombetas dan Uatuma di benua Amerika

Cichla cataractae

Jenis Cichla cataractae merupakan spesies baru dari Pbass dan berbeda dari jenis pbass yang ada berdasarkan bukti molekuler dan pola unik pigmentasi dewasa dan remaja

Cichla caractae

Selain 16 jenis spesies ada juga ikan Pbass yang memiliki kelainan genetik sehingga warnanya tidak biasa diantaranya adalah

  • Peacock Bass Albino

Peacok Bass Albino ini mengalami kelainan genetik sehingga tidak memiliki pigmen warna ditubuhnya. Sehingga ikan albino ini berwarna putih seluruhnya. Gen Albino ini merupakan gen yang diturunkan.

Pibas Albino

  • Peacock Bass Xanthic


Pibas Xanthic


Next Post Previous Post
Related Post
Ikan Hias,Jenis Ikan