Megalodon, Ikan Hiu Terbesar di Dunia


Mataikan - Sebagaimana namanya, megalodon merupakan raksasa Hiu atau Hiu terbesar yang ada di dunia yang sampai saat ini ukurannya belum pasti, dalam film di sebutkan bahwa panjang ikan hiu raksasa yang juga merupakan pemangsa paus itu mencapai 25 meter.

Warner Bros, Pada tahun 2018 resmi merilis film fiksi berjudul The Meg yang cukup sukses menghadirkan banyak Penonton di seluruh dunia. Film yang dibintangi Jason Stathan tersebut, bercerita penemuan ikan prasejarah di bawah Palung Mariana, titik terdalam di lautan sejauh 11 kilometer di Samudera Pasifik.

Raksasa Megalodon [Carcharocles megalodon] yang dijuluki si Gigi Besar di visualisasikan dalam film itu, yang telah di yakini punah jutaan tahun lalu muncul kembali.

Dalam cerita lain egalodon adalah spesies ikan hiu raksasa di jaman purba dan pernah hidup di dunia. Tubuh binatang ini bahkan lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Hewan ini hidup di lautan dan jarang muncul di permukaan, kecuali jika sedang ingin mencari mangsa.

Benarkah Ikan Hiu itu sebesar itu atau memiliki ukuran sepanjang 25 meter?
Penenlitian di University of Bristol dan Swansea University, keduanya di Inggris, mengungkapkan bahwa ukuran sebenanya hanya 16 meter dengan sririp seukuran tubuh manusia dewasa. Hal itu di dapatkan akurasinya dalam metode matematika guna mempersempit  proporsi Megalodon.

Menurut mereka, hiu memiliki proporsi tubuh yang tak jauh berbeda sejak lahir hingga tumbuh dewasa. Peneliti membandingkan gigi Megalodon dengan spesies hiu moderen.
 
Hiu dewasa bisa tumbuh secara proporsional, tidak seperti manusia yang lahir dengan anggota tubuh lebih pendek dan kepala lebih besar. Artinya, peneliti dapat memperkirakan kurva pertumbuhan hiu berdasarkan spesies hiu moderen
Para ilmuwan membandingkan ukuran tubuh Megalodon dengan lima spesies hiu moderen saat ini, yang memiliki karakteristik fisiologis  sama dan mengetahui ukurannya selama periode berbeda dalam hidupnya.

Dari penelitian tersebut, terungkap bahwa panjang hiu Megalodon sekitar 16 meter dengan berat hingga 48 ton. Kepalanya berukuran 4 meter, sirip punggung setinggi 1,6 meter, dan ekor belakang setinggi 3,8 meter.

“Hiu purba raksasa ini memangsa paus kecil dan mamalia laut lain, termasuk anjing laut, walrus, dan singa laut,” ujar Jack Cooper, pemimpin penelitian sekaligus ahli paleobiologi di Fakultas Ilmu Bumi University of Bristol.

kata Dr. Catalina Pimiento, pakar hiu dari Swansea University, “Megalodon bukanlah leluhur dari Hiu Putih Besar [Great White Shark].  Keduanya sama-sama terkait dengan hiu makropredator lain seperti Makos, hiu Salmon dan hiu Porbeagle,”

Hiu ini Punah Karena Suhu di lautan yang berubah menjadi dingin sedangkan dia hidup di perairan yang umumnya memiliki suhu yang hangat.

Next Post Previous Post
Related Post
Berita,Jenis Ikan,opini,perikanan