Jenis Ikan Mirip Hewan Lain di Indonesia yang Cukup Unik

 

Mataikan - Ikan merupakan jenis hewan yang memiliki beraneka ragam jenis. Bahkan ada jenis ikan yang mirip hewan lain. Pasalnya kurang lebih ada setidaknya ada 33.000 spesies ikan yang sudah ditemukan.

Jenis Ikan Mirip Hewan Lain yang Unik

Dari beberapa penampilannya ada ikan yang unik dengan corak mirip dengan hewan lain. Berikut adalah beberapa contoh ikan yang berpenampilan unik:

Ikan Harimau Indonesia

Ada ikan yang memiliki sebutan sebagai ikan harimau. Salah satunya adalah ikan harimau Indonesia dengan corak tubuh belang hitam-jingga. Tubuhnya mirip seperti harimau yang bisa ditemukan di kawasan Sumatera dan Kalimantan.

Selain coraknya yang indah, ikan ini memiliki ukuran yang cukup besar mencapai 46 cm. Ikan tersebut termasuk pada jenis karnivora yang bisa memakan ikan kecil atau hewan invertebrata yang lebih kecil dari tubuhnya.

Ikan Semak Leopard


Jenis ikan yang memiliki kemiripan dengan hewan lain yang juga menarik adalah corak tutul yang mirip leopard. Tak heran bila ikan ini juga diberi nama sebagai ikan semak leopard. Memiliki habitat asli di kawasan Afrika tepatnya di Kongo dan Republik Afrika Tengah.

Trout Citah

Tak ketinggalan ada juga ikan dengan corak tubuh yang mirip citah. Ikan ini bernama trout citah yang merupakan persilangan antara trout pelangi dan trout sungai Amerika. Hasilnya pun menjadi ikan hibrida yang steril.

Persilangan tersebut menghasilkan varian ikan trout yang banyak digunakan dalam audisi memancing. Bahkan sudah ada 1600 ikan yang dilepaskan di beberapa danau Australia.

Ikan Zebra

Tak hanya mirip dengan harimau saja, rupanya ada ikan yang memiliki corak belang. Jika dilihat dengan seksama ikan ini mirip zebra. Terdapat corak blang putih dan biru gelap yang tampak seperti hitam.

Walaupun ikan ini tergolong dengan ukurannya yang kecil tetapi memiliki manfaat dalam bidang medis. Terdapat 70% DNA di dalamnya yang mirip dengan manusia. Tubuhnya hampir transparan yang memudahkan para ilmuwan untuk mengamatinya.

Jadi, kurang lebih ada 4 jenis ikan mirip hewan lain yang cukup unik. Beberapa diantara ikan tersebut banyak dijumpai di kawasan Indonesia. Sehingga keberadaannya bisa diamati secara langsung.

Next Post Previous Post
Related Post
Jenis Ikan