Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setelah Hilang kontak Selama Tiga Hari, Akhirnya KRI Nanggala 402 di Nyatakan Tenggelam



Mataikan - Kapal KRI Nanggala 402 sebelumnya telah hilang kontak di perariran bali 1 sejam setelah di berikan izin untuk menyelam.

Setelah pencarian selama kurang lebih tiga hari TNI menyatakan bahwa KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan utara Bali telah tenggelam. 

Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, isyarat subsunk (tenggelam) untuk KRI Nanggala-402 dinyatakan setelah melakukan pencarian selama 72 jam. 

"Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir live support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala selama 72 jam. 

Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRTI Nanggala," ujar Hadi dalam konferensi pers, Sabtu (24/4/2021). 

Beberapa barang yang telah di temukan yaitu tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin dan di botol pelumas periskop kapal selam. 

"Dengan adanya bukti otentik Nanggala, maka pada saat ini kita isyaratkan dari submiss menjadi subsunk," ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

Yudu Meyakini bahwa barang dan serpihan tersebut adalah milik  NKI Naggala.

"Barang-barang ini tidak dimiliki oleh (kapal) umum, dalam radius 10 mil tidak ada kapal lain yang melintas." 

"Saksi ahli, mantan ABK KRI Nanggala dan komunitas kapal selam, diyakini ini adalah barang-barang milik KRI Nanggala," ungkapnya. 

Sebelumnya KRI Nanggala sedang melakukan latihan penembakan rudal C-802 dan torpedo kepala perang dengan sasarannya adalah salah satu KRI.

Posting Komentar untuk "Setelah Hilang kontak Selama Tiga Hari, Akhirnya KRI Nanggala 402 di Nyatakan Tenggelam"

Berlangganan via Email