Mengenal Ikan Bala Bala (Hiu Bala)


Mataikan - Ikan Bala shark ternasuk kedalam jenis ikan yang dinyatakan IUCN sebagai ikan yang masuk daftar Ikan langka dan patut dilindungi. Bala shark dengan nama daerah ikan puntung kanyut sumatera selatan, ketutung kalimantan barat dan ridik angus jambi. Merupakan salah satu jenis ikan yang keberadaannya sudah dikategorikan mengkhawatirkan di kalbar dan jambi.

Di daerah sumatera selatan jenis ini masih bisa didapatkan walaupun jumlahnya tidak banyak. Bala shark kecil benih merupakan ikan hias yang sangat indah dipandang dengan tubuh yang berwarna perak dan pada tiap siripnya terdapat warna hitam dan kuning. Ikan ini biasanya damai dan baik sahabat untuk berbagai jenis ikan tropis.

Ikan bala bala merupakan ikan yang sangat mudah mati. Sehingga penanganannya pun harus ekstra hati-hati. Bala shark membutuhkan oksigen yang tinggi dan air yang jernih terutama dalam penampungan. Karena ikan ini termasuk ikan yang hidup didaerah hulu dari sungai bagian tengah dimana kondisi oksigennya relatif tinggi yaitu lebih dari 6 ppm.

Suhu air harus tetap dijaga antara 23-28° : C-72-82° f. Bala shark lebih suka disimpan dalam kelompok dua atau lebih spesimen. Hal ini membutuhkan aquarium tertutup karena ia tergolong ikan terampil jumper.

Makanan Bala Shark di alam adalah fitoplankton terutama dari kelompok Bacillariophyceae (Diatoma sp, Synedra sp) dan Desmidiceae (Closterium sp) dan jenis phitoplankton lainnya seperti Mougeotia sp, Pleurotaenium sp, Cosmarium sp, namun kadang-kadang juga ada yang didominasi oleh rotifera dalam lambungnya.

Ukuran ikan Bala Shark dewasa hanya mencapai panjang maksimal yaitu 30 cm dengan bentuk kepala yang meruncing serta tubuhnya yang berbentuk oval dan memanjang. Sirip anal, punggung dan perutnya merupakan jenis sirip yang bertulang keras sehingga sirip ikan ini sangat kokoh dan kuat, memiliki warna yang mengkilap dengan warna dominan perak namun di bagian perut cenderung lebih gelap dari pada bagian perutnya.

Ikan ini memiliki gigi yang tidak menempel di rahang seperti ikan pada umumnya, namun menempel di tenggorokan. Matanya berwarna hitam bulat semakin indah dengan sepasang sungut yang tertanam simetris pada ikan ini.

Next Post Previous Post
Related Post
Ikan Hias