Ikan Flying Fox

Mataikan - Dalam dunia perikanan siapa yang tak kenal ikan Flying Fox, Ikan air tawar yang sangat popular diantara pecinta ikan aquarium. Ikan ini cukup mudah di temukan di sungai dekat rumah atau bantaran sungai lainnya.

Ikan Flying Fox merupakan yang hidup di perairan tawar mulai dari sungai-sungai di dataran rendah hingga daerah perbukitan. Biasanya jenis sungai yang dihuni oleh kawanan ikan ini memiliki arus sedang dan agak sedikit deras.

Selain itu negara-negara yang menjadi tempat tinggalnya hanya ada beberapa saja seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia. 

Di indonesia, daerah-daerah yang banyak terdapat populasi ikan Flying Fox terbilang cukup luas. Mulai dari Kalimantan, Jawa, dan Sumatera, karenanya jenis ikan Flying Fox sudah cukup populer bagi para penghobies ikan hias di berbagai daerah.

Ciri fisik ikan Flying Fox memiliki tubuh yang memanjang dengan ukuran sekitar 11 cm saja. Di bagian atas tubuhnya terdapat sirip yang berwarna transparan dengan bentuk tampak meninggi pada bagian depan dan semakin menurun ke arah belakangnya.

Pada bagian pertengahan badan dekat bawah perutnya terdapat dua sirip kecil dengan warna yang transparan juga. Ekor ikan Flying Fox tampak berukuran agak besar di bagian tiap ujung atas dan bawahnya.

Di sepanjang tubuhnya terdapat garis hitam tebal yang berwarna hitam terbentang secara horizontal mulai dari pangkal mulut sampai menyentuh sedikit pangkal ekornya. Di bagian sisi atas tubuhnya mulai dari kepala sampai ujung pangkal ekor terlihat berwarna hijau zaitun yang agak kecokelatan.

Ikan ini bisa dibudidayakan sebagai ikan hias. Untuk perawatannya pun tidak sulit. Ikan ini berjenis omnivora, terutama paling suka memakan alga. Oleh karena itu, ketika dibudidayakan dalam akuarium perhatikan jumlah tanaman air di dalamnya, karena jika terlalu banyak bisa dimakan si ikan.

Ikan flying fox melakukan pemijahan dan perkembangbiakan layaknya ikan lain. Ketika musim kawin tiba, ikan-ikan akan lebih agresif. Sebagian ikan betina bahkan sudah siap bersembunyi di balik tumbuhan air atau bebatuan.

Next Post Previous Post
Related Post
Ikan Hias,Jenis Ikan