Friday, 17 November 2017

Bycatch dan Fenomena Pacaran Sesama Mahasiswa Perikanan



Tak jarang, saya melihat junior saya pacaran sesama mahasiswa perikanan. Fenomena ini berbanding lurus dengan banyaknya sarjana perikanan yang memilih profesi di luar jalur keilmuannya. Apakah dua hal tersebut memiliki korelasi positif ? Mungkin. Lalu bagaimana menjelaskan jika sesama mahasiswa perikanan pacaran ?

Umumnya, saat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, seseorang akan memilih jurusan perikanan pada pilihan kedua atau ketiga. Pilihan pertama berkutat di empat fakultas best seller; ekonomi, hukum, teknik dan kedokteran. Sampai di sini, pertanyaan seputar banyaknya sarjana perikanan yang memilih profesi di luar jalur keilmuannya, menemui sedikit penjelasan. Dari awal niatnya memang cuma setengah.

Asumsi di atas berlanjut dan mengakar ke persoalan pacar. Jika sesama mahasiswa perikanan pacaran, muncul dugaan orang yang mereka pacari bukanlah species target. Bisa dibilang bycatch. Beberapa tahun terakhir bycatch menjadi salah satu isu kritis dalam pemanfaatan sumberdaya perikanan. Di sini mahasiswa perikanan juga dikategorikan sebagai sumberdaya perikanan.

Bycatch atau tangkapan yang tidak disengaja terjadi akibat alat, metode dan praktik penangkapan ikan (seperti dalam penggunaan cantrang) tidak cukup selektif. Alih-alih menangkap ikan kerapu, yang tertangkap malah ikan buntal. Lalu bagaimana melihat fenomena pacaran sesama mahasiswa perikanan ?

Ada dua posisi untuk menjelaskan nasib tersebut. Pertama, telah terjadi perubahan target tangkapan. Hal ini terasa realistis. Bycacth selalu identik dengan kesalahan dan kegagalan. Beberapa orang yang semula getol berburu ikan tuna, akhirnya merubah haluan dan mematok spesies bycatch, seperti ikan buntal, sebagai target utama.

Kedua, perubahan mindset terhadap hasil tangkapan. Mendapatkan tuna, kakap, atau teri bukan masalah. Sebagian orang berhasil sampai pada fase kesadaran ekologis bahwa setiap organisme memiliki peran tersendiri dalam ekosistem. Karena itu pacaran dengan mahasiswa perikanan tidak lebih buruk ketimbang pacaran dengan mahasiswa kedokteran.

Di posisi manakah kalian berada ?
Disqus Comments