Thursday, 9 February 2017

A Fish Rots From The Head Down ?


A fish rots from the head down atau Ikan membusuk mulai dari kepala, merupakan kutipan populer untuk menggambarkan kehancuran sebuah organisasi akibat perilaku buruk pemimpinnya. Sebagai sarjana perikanan, saya risih dengan kutipan ini. Ada kejanggalan ilmiah. Kejanggalan yang membuat dahi saya terus berkerut.

Benarkah pembusukan ikan dimulai dari kepala ?
Setelah ikan mati, terjadi proses pembusukan. Seluruh bagian tubuh ikan akan mengalami perubahan rasa, bau, rupa dan tekstur, yang disebabkan oleh tiga hal; kerja enzim, reaksi kimiawi dan aktivitas bakteri.

Pada ikan mati, sistem kontrol enzim tidak lagi berfungsi. Enzim bekerja bebas mengurai jaringan dan merusak setiap bagian tubuh ikan. Terutama pada bagian saluran pencernaan. Selain itu, pada ikan mati, proses oksidasi dan reaksi kimiawi lainnya akan merusak komposisi lemak dan menyebabkan denaturasi protein dalam tubuh.

☑ Baca Juga :
Mengenal Salah Satu Ikan Buruk Rupa, Yellow Box Fish

Perkembangan bakteri dipengaruhi oleh ketersediaan substrat dan makanan yang dihasilkan dari dua proses yang telah saya sebut di atas. Aktivitas bakteri banyak ditemukan menyerang bagian permukaan tubuh, insang dan saluran pencernaan ikan. Ini alasan kenapa kita harus membersihkan bagian-bagian tersebut jika ingin menyimpan ikan untuk waktu yang lama.

Ketiga sebab ini sangat kompleks. Setiap sebab dengan sebab lainnya saling terkait dan berlangsung secara simultan pada tubuh ikan. Satu kesimpulan yang pasti, pembusukan memang terjadi pada organ kepala ikan mati. Tapi keliru jika kalian menyebut "Ikan membusuk mulai dari kepala". Harusnya "Ikan mulai membusuk sejak kematiannya".
Disqus Comments