Pengalaman Mengatasi Gagal Setting Gmail di Microsoft Office Outlook

Tags

Cara Mengatasi Gagal Setting Gmail di Microsoft Outlook 2007 2010 2013

Microsoft Office Outlook adalah salah satu aplikasi yang mempermudah akses penggunaan email. Kita bisa mengelola banyak email dalam satu aplikasi. Mengirim file dengan satu sentuhan. Membaca dan mengatur email secara offline. Mencadangkan email di perangkat. Hinga mengedit lampiran dokumen secara langsung.

Sejak dua tahun lalu, saya tertarik menggunakan aplikasi ini. Tapi ujung-ujungnya pasti mentok di proses konfigurasi. Gmail selalu gagal terhubung. Beberapa hari ini saya sibuk mempelajari cara menghubungkan akun Gmail ke Ms Outlook. Saya mencari informasi, mencoba beberapa tutorial blog, hasilnya tetap sama. GAGAL.

Umumnya, platform email populer seperti Gmail dan Yahoo memungkinkan penggunaan aplikasi pihak ketiga Ms Outlook. Menggunakan email di Ms Outlook, harus melalui konfigurasi protokol POP3 atau IMAP yang benar. Lebih jelas silahkan googling. Sejauh ini saya merasa sudah melakukan konfigurasi dengan benar. Tapi kok gagal terus ?

Ternyata, per tanggal 15 Juli 2014, Google telah meningkatkan langkah-langkah keamanan untuk memblokir akses aplikasi pihak ketiga di akun Gmail. Sehingga banyak pengguna Ms Outlook gagal tersambung ke akun Gmail. Sebenarnya persoalan ini sangat mudah diatasi, jika kita mengetahui apa yang sedang terjadi. Berikut langkah-langkah mengatasinya :

1. Aktifkan Setting POP3 dan IMAP di Akun Gmail

Cara Mengatasi Gagal Setting Gmail di Microsoft Outlook 2007 2010 2013

Login ke akun Gmail melalui browser. Pada icon gerigi di sebelah kanan atas, pilih "Setelan". Klik tab "Penerusan dan POP/IMAP" lalu tandai "Aktifkan POP" dan "Aktifkan IMAP". Terakhir, jangan lupa klik "Simpan Perubahan".

2. Aktifkan Layanan Keamanan Verifikasi 2 Langkah di Akun Gmail

Cara Mengatasi Gagal Setting Gmail di Microsoft Outlook 2007 2010 2013

Klik foto profil akun Gmail lalu pilih "Akun Saya". Kita akan diarahkan menuju pengaturan akun Gmail. Pilih menu "Sandi & Metode Masuk". Klik "Verifikasi 2 Langkah". Isi semua hal yang diperlukan sampai tampilan Verifikasi 2 Langkah menjadi seperti gambar di atas.

3. Buatlah Sandi untuk aplikasi Microsoft Outlook di Akun Gmail

Cara Mengatasi Gagal Setting Gmail di Microsoft Outlook 2007 2010 2013

Masih pada menu "Sandi & Metode Masuk", klik "Sandi Aplikasi". Pilih aplikasi "Lainnya (Nama khusus)", beri nama apa saja, lalu klik "Buat". Pada gambar di atas, saya memberi nama Microsoft Outlook. Setelah berhasil, kita akan mendapatkan sandi 16 karakter. Sandi ini yang digynakan sebagai password Gmail di settingan Microsoft Outlook.

4. Lakukan Security Check Up pada Akun Gmail

Cara Mengatasi Gagal Setting Gmail di Microsoft Outlook 2007 2010 2013

Seperti pengaturan Verifikasi 2 Langkah dan Sandi Apllikasi, di halaman yang sama klik "MULAI" pada tab "Pemeriksaan Keamanan". Atau langsung ke SINI. Ikuti prosedurnya sampai selesai.
.....

Jika keempat langkah di atas sudah terselesaikan. Isian POP/IMAP sudah terisi dengan benar. Kembali ke aplikasi Ms Outlook dan lakukan "Test Account Settings". Seharusnya masalah kegagalan sambungan akun Gmail tidak terjadi lagi. Selamat mencoba, semoga bermanfaat !!!

Artikel Terkait

Tuliskan apa saja, pokoknya menulis ! View More