Ikan Buruk Rupa Yellow Box Fish

Ikan Kudu-kudu Muda; Masih Unyu-unyu

Yellow Box fish dalam bahasa indonesia dikenal dengan nama buntel kotak atau kudu-kudu. Di Makassar, kami menyebutnya buntala' kotak. Seperti kebanyakan ikan karang, mereka dianugerahi rupa dan bentuk yang... hmm absurd; Mulut manyun, mata nyembul, tekstur kulit keras, warna tubuh mencolok dan bentuk badan kotak yang dipenuhi tatto motif polkadot. Ada yang bisa membedakan azab dan nikmat ?

Bentuk dan rupa pada ikan adalah model adaptasi pada habitat. Ikan kudu-kudu banyak ditemukan terasing di wilayah laguna, berkeliaran di sekitar karang-karang acropora pada kedalaman 1-20 meter. Ikan ini bersifat omnivora dan cenderung soliter jablai. Mereka tinggal jauh dari zona fishing dance (zona keramaian, semacam tempat dugem ikan-ikan) dan berada di tengah-tengah komunitas ikan berahang keras, ganas dan mematikan.

Ikan Kudu-kudu Remaja

Dulu, dulu sekali (ini cuma dugaan) ikan kudu-kudu berbentuk pipih, namun kondisi ekosistem yang tidak begitu ramah memaksa mereka untuk berevolusi. Kalian harus menjadi menakutkan untuk mengindari gangguan, bukan begitu ? Dalam dunia taksonomi, ikan kudu-kudu digolongkan pada family Ostraciidae dengan nama latin Ostracion cubicus.

Mereka mampu melakukan metamorfosis warna tubuh. Saat lahir, ikan ini berwarna kuning, menginjak remaja warna kuning tubuhnya mulai meredup dan berubah menjadi abu-abu kebiruan. Ikan kudu-kudu memiliki kulit yang tebal, keras dan tidak dilapisi sisik. Kulit tersebut tersusun dari lapisan-lapisan berbentuk hexagonal mirip perisai perang talawang suku dayak.

Ikan Kudu-kudu Dewasa

Demi penguasa lautan dan seluruh makhluk didalamnya, terpujilah orang yang pertama kali menjadikan ikan kudu-kudu sebagai panganan. Siapapun dia. Kita akhirnya bisa mengetahui kenikmatkan ikan ini. Renyah tanpa duri, dengan rasa manis seperti daging ayam.

Kulit yang tebal dan keras, membuat proses memasak ikan kudu-kudu berlangsung lama. Kuliner ikan kudu-kudu bisa kalian cicipi di beberapa restaurant seafood Makassar seperti RM Paotere, RM Apong, dan RM Ujung Pandang. Satu porsinya dibanderol mulai harga Rp. 40-ribuan.

Tertarik mencicipinya ? Yuk ke Makassar !

Artikel Terkait

Tuliskan apa saja, pokoknya menulis ! View More